Langsung ke konten utama

Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi

1.Definisi umum tentang :
Bisnis
Bisns adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian maupun pertukaran barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi informasi. Teknologi informasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Sedangkan, teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar rerminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Bisnis Informatika
Bisnis dan informatika memiliki dua arti yang saling berbeda. Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika dalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari – hari.

2.Tokopedia (e-commerce)
-Teknik penjualan :
Teknik penjualan di Tokopedia, menggunakan sistem buka toko. Yang mengharuskan penjual membuka toko dan memasukkan produk mereka pada etalase toko. Yang dimana sistem ini sangat baik karena bisa mengkategorikan produk.

-Kelebihan dan Kekurangan :
a.Kelebihan :
Website dan aplikasi smartphonenya terbilang ringan dan menarik.
Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar oleh pembeli, misalnya total harga produk (berlaku dalam kelipatan) dan juga estimasi ongkos kirim, sampai jasa ekspedisi yang tersedia.
Update aplikasi satu minggu sekali.
Adanya fitur pre-order, untuk produk yang butuh pemrosesan lebih lama, seperti barang impor.
Adanya fitur OTP, meningkatkan keamanan saat transaksi.
Salah satu situs yang bersifat gratis dan tidak berbayar.
Transfer saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2-3 jam, maksimal 4 jam ke empat bank besar.
Adanya fitur blog, untuk medapatkan inspirasi, tips-tips, dan lain-lain yang informatif untuk meningkatkan penjualan dan optimalisasi toko kita.


b.Kekurangan :
Baik itu website maupun aplikasinya sering error. Mulai dari notifikasi nyangkut dan notifikasi telat hingga lemot.
Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli.
Terkadang bisa direpotkan oleh pembeli yang merupakan dropshipper.
Fitur pengelolaan stok barang yang kurang baik, ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran, maka stok tidak otomatis berkurang.
Tidak tersedia fitur diskon berbatas waktu.
Sering terjadi peristiwa perang harga dengan membandrol produk dengan harga berkisar murah. Sehingga hasilnya bisa memberikan peluang yang sangat kecil pada produk yang laku dengan harga yang relatif tinggi.


3.Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan di Dunia
Perkembangan bisnis informatika baik di dunia khususnya di Indonesia sangat berkembang pesat. Hampir semua bisnis dalam skala kecil maupun besar dapat menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan bisnisnya. Teknologi informasi telah banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam proses bisnis, seperti kemudahan mencari semua informasi yang dibutuhkan, hanya dengan sekali klik saja kita sudah dapat menemukan informasi yang kita butuhkan.

Kemajuan bisnis informatika di Indonesia ini ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat ini dan juga banyaknya pengguna teknologi itu sendiri,  serta tidak memerlukan modal yang banyak, lewat bantuan teknologi internet, perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara E-commerce atau dengan software house, karena cukup dengan membuat situs web yang mampu menarik perhatian, sosialisasi yang baik, maka konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat. Para pebisnis sekarang juga dapat melakukan perdagangan selama 24 jam tanpa mengenal batas ruang dan waktu serta terjangkau semua kalangan.

Selain mengefisiensikan waktu dan biaya, kemajuan teknologi informasi ini juga mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan, menyimpan dokumen-dokumen perusahaan dalam database, mempermudah komunikasi dengan menggunakan e-mail, video conference atau internet call jika rekan bisnis berada di negara lain. Perusahaan juga dapat membuat CRM (customer relationship management) yaitu data record setiap transaksi antara perusahaan dan pelanggan.





SUMBER :
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-bisnis.html
https://www.komunikasipraktis.com/2016/12/pengertian-teknologi-informasi-komunikasi-tik.html
https://dwikydarmawan2.wordpress.com/2015/10/04/pengertian-bisnis-informatika/
https://www.gurupendidikan.co.id/teknologi-informasi-dan-komunikasi/
https://syifasalsabyla.wordpress.com/2017/10/26/perkembangan-bisnis-informatika/
https://syifasalsabyla.wordpress.com/2017/10/26/perkembangan-bisnis-informatika/
https://www.mastimon.com/2019/01/10-kelebihan-dan-kekurangan-tokopedia.html
http://netjurnal.com/2016/08/kelebihan-dan-kekurangan-tokopedia-untuk-jualan-dan-belanja.html

Komentar